Antropologi Kesehatan merupakan disiplin yang memberi perhatian pada aspek-aspek biologis dan sosio-budya dari tingkahlaku manusia, terutamanya perihal metode-metode interaksi antara keduanya disepanjang sejarah kehidupan manusia, yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit pada manusia.

Dalam definisi yang dihasilkan Foster/Anderson dengan tegas diceritakan bahwa antropologi kesehatan studi objeknya yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit pada manusia.

Menurut Foster/Anderson, Antropologi slot depo 10k kesehatan mengkaji problem-problem kesehatan dan penyakit dari dua kutub yang berbeda merupakan kutub biologi dan kutub sosial kebiasaan.

Pokok-pokok perhatian kutup biologi yang dimaksud Foster/Anderson merupakan 1) Pertumbuhan dan perkembangan manusia, 2) Peranan penyakit dalam evolusi manusia, dan 3) Paleopatologi (studi mengenai penyakit-penyakit purba).

Meski pokok perhatian pada kutup sosial-kebiasaan mencakup 1) Sistem medis tradisional (etnomedisin), 2) Keadaan petugas-petugas kesehatan dan persiapan profesional mereka, 3) Tingkah laku sakit, 4) Kekerabatan antara dokter pasien, dan 5) Dinamika dari usaha menyampaikan pelayanan kesehatan barat kepada masyarakat tradisional.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *