Sukabumi,GPriority.co.id-Sukabumi dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki destinasi tamasya terbanyak di Jawa Barat. Jadi gak perlu heran sekiranya di sana banyak dikunjungi oleh pelancong.

Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi merupakan Pelabuhan Ratu atau sekarang lebih dikenal dengan nama Palabuhanratu.

Bicara mengenai Pelabuhan Ratu, ada banyak destinasi tamasya yang wajib Anda kunjungi. Berikut 5 destinasi tamasya yang dapat dikunjungi.

1. Bukit Duren Sagara
Daerah tamasya yang ada di perbatasan antara Kampung Sumur Bandung dan Kampung Panyawelan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menyuguhkan panorama gunung, rimba, laut, pantai dan sungai (gurilaps) sambil makan durian.

Letaknya yang berada di atas ketinggian menjadi incaran pelancong untuk menikmati suasana matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

Saat dibuka menjadi tempat tamasya, ia pun segera menempuh seluruh bentuk perizinan supaya tempatnya dapat jadi lokasi tamasya. Untuk karcis masuk ke BDS sebesar Rp 5.000 per orang.

“Karcis sih lima ribu. Kami pikir panjang sih karena akses ke sini kan, tiap-tiap orang sekiranya ditanya jalannya, jalan masuknya, tetapi sekiranya hingga sini keobatin juga. Konsepnya itu istri aku itu punya konsep ini wajib dapat dirasakan rakyat sekitar sini, jangan sama orang-orang yang punya uang aja, sehingga kita konsepnya itu murah tetapi tak murahan,” tutur Herlandi sang pemilik.

Menurutnya, pelancong yang datang sudah dari beragam tempat, mulai dari luar Sukabumi seperti Serang, Bandung, Jakarta, dan sejumlah kota di Jawa Barat.

2. Pulau Kunti
Walau namanya mengingatkan akan sosok mengerikan yang tak jarang timbul di kisah horor, wilayah ini jauh dari https://www.madaboutrh.com/ kata mengerikan pun pemandangannya luar biasa luar biasa.

Sesampainya di Pulau Kunti, pengunjung akan dimanjakan dengan estetika hamparan pasir putih dengan sejumlah bebatuan karang yang timbul di baliknya. Deretan pohon-pohon rindang memenuhi wilayah hal yang demikian. Bila berjalan lebih jauh, kamu akan menjumpai gua eksotis yang dapat dimasuki untuk berfoto.

Sebagai bagian dari Geopark Ciletuh, Pulau Kunti juga menawarkan beragam flora dan fauna. Selagi berkeliling, kamu dapat saja bertemu dengan elang jawa yang bertengger di pohon-pohon, atau rusa yang sedang berkeliaran bebas. Di hamparan pantainya sendiri dapat dijumpai bambu langka, seperti haru gereng yang punya khasiat obat.

Sudah jauh-jauh datang ke sini, tak mungkin rasanya sekiranya melewatkan menyelami perairannya bukan? Apalagi sekiranya perairannya bening dan menaruh bawah laut yang menarik, termasuk hamparan terumbu karang dan ikan warna-warni.

3. Karang Hawu
Pantai Karang Hawu Karang Hawu yang berlokasi di Desa Caringin,Kecamatan Cisolok,Kabupaten Sukabumi menghadirkan eksotisme dan estetika yang berbeda dengan tamasya lainnya.

Di sana Anda dapat menemukan Batu karang yang besar dan wujudnya yang unik salah satunya merupakan batu karang berbentuk tungku, ukurannya bervariatif dari yang kecil hingga yang besar. Umumnya yang berukuran besar dapat digunakan pengunjung untuk berendam.

Dari ciri khas batu karang yang berbentuk tungku inilah yang menjadi asal mula penamaan Pantai Karang Hawu. Hawu diambil dari bahasa Sunda yang berarti perapian.

Ya, bentuk batu karangnya seperti tempat perapian atau pembakaran. Umumnya tungku tersusun dari sebagian batu yang digunakan untuk memasak atau menghangatkan ruangan.

Walau bentuk batu karangnya yang cantik, pengunjung tetap wajib berhati-hati dikala main di sekitar batu karang. Tekstur batu karang agak kasar dan licin.

Ditambah, ombak laut Pantai Karang Hawu Karang Hawu relatif besar. Jadi pengunjung wajib tetap waspada mencari tempat yang relatif aman.

4. Curug Cikaso
Geopark Ciletuh punya curug cantik bernama Cikaso. Curug Cikaso ini punya aliran air yang benar-benar segar, layak buat refreshing. Ke sini yuk!

Curug Cikaso di Sukabumi, Jawa Barat punya panorama cantik. Ditambah suasananya yang masih natural, dijamin bikin pikiran segar kembali.

Curug Cikaso ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi traveler sekiranya tamasya ke Ujung Genteng. Dengan pesona air terjunnya yang benar-benar eksotis, traveler dapat berkunjung ke tempat ini sekitar 40 menit dari wilayah Ujung Genteng mengaplikasikan kendaraan beroda empat atau motor.

5. Curug Sodong
Curug Sodong merupakan salah satu dari destinasi tamasya yang tersebar di Ciletuh Geopark. Air terjun ini mengalir dengan megah di dinding tebing Ciletuh. Ketinggiannya yang menempuh 20 meter membikin air terjun ini dengan mudahnya disaksikan dari jarak jauh tanpa halangan.

Mempunyai nama lain merupakan Curug Kembar dan Curug Pengantin. Ini karena terdapat dua air terjun yang mengalir. Keduanya berasal dari sungai yang sama, kemudian terbagi dan mengalir sebagai sepasang air terjun yang memesona. Dikelilingi oleh vegetasi liar natural, panorama yang tersaji sungguh mempesona hati.
Asal kata “sodong” yang menjadi nama dari air terjun ini dapat ditemukan di bagian bawah alirannya. Bila diperhatikan baik-baik, akan terlihat sebuah ruang sempit. Ruang yang disebut sebagai “sodong” hal yang demikian merupakan hasil dari tebing batu yang nyaris menghimpit tanah.

Ruang inilah yang menjadi tenaga tarik utama air terjun. Keberadaannya membikin dinding tebing tempat mengalirnya air terjun seolah melayang. Gua ini seringkali dijadikan lokasi pertapaan atau pengasingan.

Saat Anda berada di sini waspadalah karena ada beragam mitos yang tak boleh dilanggar seperti larangan berenang bagi pasangan kekasih. Konon, pasangan yang berenang di telaga air terjun tak akan keluar dengan selamat. Meskipun memiliki nama lain Curug Pengantin, terbukti Curug Sodong tak disarankan untuk menjadi tempat bercengkerama bagi sejoli.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *