Event 76 Indonesian Downhill 2023 yang diselenggarakan di Ternadi Bike Park, Kudus, Jawa Tengah, pada 30 September (seeding run)-1 Oktober 2023 (final run) berlangsung sengit.

Downhiller dari Dayu Racing Team, Rendy Varera Sanjaya, sukses menjadi kampiun dengan torehan waktu 3:15.046 di kelas utama Men Elite.

Pencapaian ini membuat Rendy memperoleh 40 poin di ranking Union Cycliste Internationale (UCI), lantaran status Ternadi Bike Park merupakan yang terbaik di Indonesia dan terdaftar sebagai trek dengan kategori C1 UCI. Rendy mengatakan, Indonesian Downhill 2023 sejak sesi seeding run dan final run berlangsung dengan tensi tinggi dan kompetitif.

Persaingan dari para downhiller elite berlangsung ketat lantaran depo 10k masing-masing ngotot mengincar podium demi meraih poin UCI dan menyabet gelar juara. Rendy bersyukur berhasil meningkatkan performanya dan meraih hasil lebih bagus setelah pada sesi seeding run ia meraih posisi kedua.

“Untuk final run hari ini memang sudah sangat disiapkan dari latihan saya.

Hasil juara ini sangat memenuhi target dari yang diharapkan,” ungkap Rendy usai naik podium, dalam rilis yang diterima.

Atlet asal Kediri ini mengatakan, bukan perkara mudah menaklukkan Ternadi Bike Park di final run sebab beberapa lintasan dan tikungan juga mengalami penurunan kondisi yang membuat para downhiller harus beradaptasi.

“Track-nya kencang, panjang, ekstrem juga. Perlu tenaga ekstra untuk menghadapi track ini. Harus jeli bagaimana kita mengatur strategi, energi juga, terus dengan kondisi track yg cukup rusak ini kita harus pintar mengambil line-nya,” lanjut Rendy.

Berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut (dpl) pada titik start dan 600 meter dpl pada garis finis, salah satu obstacle section yang paling ‘ganas’ dari Ternadi Bike Park adalah rock garden di akhir lintasan, yang menguji adrenalin downhiller baik dari segi stamina maupun pemilihan strategi untuk menaklukkan trek tersebut.

Selain rock garden, halangan lain yang tak kalah sulit juga akan menjadi tantangan para downhiller seperti drop, double jump, dan table top.

Selain Rendy Varera Sanjaya sebagai juara, posisi kedua kelas Men Elite ditempati oleh Agung Prio Apriliano dari CWS Racing Team.

Ia terpaut lima detik dari Rendy dengan torehan waktu 03:20.677.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *