Siapa kelor yang tumbuh di halaman depan rumah bisa menjadi solusi formula sonde untuk pasien di rumah sakit?

Kelor atau Moringa Oleifera merupakan salah satu jenisa tanaman tropis yang tumbuh dan berkembang di daerah tropis seperti Indonesia. Kegunaan kelor pun bermacam-macam, selain sebagai sayuran berkuah, tak asing jika kita mendengar kelor sebagai peluruh susuk. Tapi jika kita telisik lebih dalam, kelor mempunyai kandungan gizi yang baik. Tak jarang banyak peneliti yang menyebut kelor sebagai God Of Leaves.

Moringa Oleifera kaya akan zat gizi yaitu protein,serat, vitamin dan mineral. Kelor juga mengandung Vitamin C,E dan polifenol yang merupakan sumber antioksidan alami. Saat ini kelor juga dilaporkan memiliki efek anti inflamasi, anti kanker, efek melindungi hati (hepatoprotektor) bahkan anti diabetes.

Tidak semua pasien yang dirawat di RSUD dr.M.Soewandhie mampu mengasup makanan melalui mulut.

Kondisi seperti penurunan kesadaran, adanya gangguan menelan slot777 dan mengunyah pada pasien stroke misalnya, atau keadaan muntah yang berlebihan, juga bisa menjadi sebab pasien dipasang selang melalui hidung menuju lambung untuk mengasup makanan.

Pada pasien dengan kondisi seperti inilah, diberi makanan cair atau formula sonde enteral .

saat ini banyak ditemukan makanan cair berupa susu dengan komposisi gizi yang baik. Fakta di lapangan, tidak semua pasien dapat mengasup susu dalam jumlah yang banyak.

Diperlukan formula sonde yang mampu mengakomodasi beberapa masalah di atas.

Nutri-ID (baca : Nutri Wandhie) merupakan produk formula sonde entral rumah sakit yang dikembangkan oleh Instalasi Gizi RSUD dr.Mohamad Soewandhie untuk menjawab hal di atas.

Penambahan kelor dalam formula sonde buatan rumah sakit memiliki nilai plus antara lain, kandungan protein nabati pada kelor dapat menambah kandungan protein formula sonde serta memperkaya jenis asam amino yang diterima pasien, meningkatkan kandungan serat dan vitamin mineral formula sonde

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *