Activision-Blizzard

Beberapa tahun terakhir, berita soal akuisisi studio developer game kecil dilahap oleh perusahaan yang lebih besar tampaknya sedang alami tren kenaikan. Seperti berita sebagian pas lantas dimana entitas sebesar Microsoft coba dan berhasil membeli Activision-Blizzard.

Meski FTC dan bermacam pengawas praktik monopoli lainnya meloloskan pembelian terbesar di industri game situs slot gacor, tidak heran banyak yang masih skeptis apakah akuisisi ini akan benar berdampak positif bagi industri game secara keseluruhan.

Developer Game Masih Skeptis bersama Akuisisi Studio Game di Survei GDC

Menurut survei tahunan yang dikerjakan oleh GDC di State of Game Industry Survey, mengungkap bahwa makin sedikit developer yang terasa akuisisi oleh perusahaan besar akan membawakan arah yang positif.

Pada survei tahun lalu, ada kira-kira 17% developer game yang menjelaskan jikalau akuisisi ini akan membuahkan pengaruh positif, angka selanjutnya menurun jadi sisa 5% saja di survei 2024 pas ini. Kebanyakan gara-gara melihat rampungnya akuisisi yang dikerjakan Microsoft pada ABK yang rampung pada Oktober 2023 lalu.

Sebanyak 43% beranggapan jikalau akuisisi hanya akan mempunyai malapetaka. Angka itu tidak jauh pula berasal dari tahun lantas di kira-kira 44%. Sedangkan mereka yang tidak merasakan apa-apa perihal akuisisi menurun berasal dari 7% di tahun lantas ke 2% tahun ini.

Pergeseran ini dikabarkan penyebabnya ada beberapa. Seperti banyaknya PHK yang berjalan di industri, sampai kasus layaknya Embracer Group yang dulunya giat membeli studio game dan kini berakhir naas.

Praktik Monopoli Selalu Buruk, Ucap Salah Satu Developer

Beberapa developer lebih-lebih menjelaskan jikalau industri game hanya dikuasai oleh sebagian kecil entitas, yang ada hanya akan menghindar kompetisi. Dimana orientasi kedepannya hanya akan berkutat seputar bagaimana membuahkan profit yang banyak untuk para investor dan bukan lagi soal kualitas game-nya.

“Ada alasan kenapa UU anti monopoli diciptakan. Konsolidasi kekayaan dan kekuatan dipastikan akan membuahkan kepuasan dan juga cibiran untuk pekerja maupun kastemer oleh eksekutif dan investor.”

42% lainnya mempunyai pandangan campur aduk mengenai akuisisi seperti sekarang. Hasil selanjutnya barangkali akan bagus untuk industri secara keseluruhan tetapi tidak secara individu untuk developer atau game yang tidak miliki penikmat yang masif.

Hanya saja sebenarnya tawaran akuisisi ini cukup mengundang selera bagi developer. Apalagi bagi developer yang hanya cukup untuk bertahan hidup. Bila mereka menerima tawaran akuisisi tersebut, maka soal budget tidak lagi jadi prioritas utama mereka.

By admin3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *